[PSIKOLOGIKA] PROKRASTINASI, APA TUH?!

[PSIKOLOGIKA] PROKRASTINASI, APA TUH?!

“Ah, gue kerjain besok lah.”

“Males, masih lama juga deadline nya.”

Sebagai mahasiswa, pasti pernah dong yang namanya menunda-nunda mengerjakan tugas. Kalimat-kalimat diatas pasti gak asing ditelinga kita.

Jujur aja, iyakan?

Jadi, menunda dalam memulai, melaksanakan, dan mengakhiri suatu aktivitas itu namanya prokrastinasi.

Nah, apa aja sih yang menyebabkan seseorang menunda mengerjakan tugasnya?

Menurut salah satu jurnal, faktor penyebab prokrastinasi itu ada dua, faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal itu ada faktor fisik, kayak lelah, ngantuk, dan capek dan ada faktor psikis. Faktor psikis ini ada 6 nih, yaitu Mahasiswa tidak mengerti tugasnya, Tidak menguasai materi tugas, muncul rasa malas, tidak bisa mengatur waktu, kurangnya minat pada mata kuliah tersebut, dan yang terakhir ada mood atau suasana hati. Selain itu juga ada penilaian subjek terhadap sifat pengajar, seperti pengajar yang killer, baik, dan kurang tegas

Faktor eksternal itu ada 7 nih, ada tingkat kesulitan tugas, tidak adanya fasilitas dalam mengerjakan, kurang referensi karena sumber yang sulit, waktu mengumpulkannya masih lama, saling mengandalkan teman, kesibukkan diluar kuliah, dan penumpukan tugas.

Dan ternyata nih, yang lebih banyak memengaruhi prokrastinasi itu dari faktor eksternal looo

Tapiiiii, bagaimanapun, menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik dan akan berdampak buruk pada diri sendiri.

Jadi, segera kerjakan tugasnya dan beralih ke tugas yang lain yaa~~

Semangat kuliahnya~~

Sumber : Fauziah, Hana Hanifah. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruuhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic (2)2: 123-132.

[PSIKOLOGIKA] APA IYA SIH?

[PSIKOLOGIKA] APA IYA SIH?

Apa iya sih cewek lebih gampang depresi dari cowok?

Ah ga mungkin!

Tapi, menurut Nolen‐Hoeksema dan Girgus (dalam Davison dan Neale, 2001), cewek memang lebih depresif loh daripada cowok.

Tapi kok bisa ya?

Kenapa tuuuh?

Katanya sih ya, karena cewek itu kurang asertif dan kemampuan kepemimpinannya lebih rendah dari cowok.

Dan ga cuma itu aja, cewek itu soalnya lebih sering pake coping ruminatif loh dibanding cowok. Cewek lebih memusatkan perhatiannya pada simtom‐simtom depresi yang dialaminya.

Tapi beda sama cowok, kalo cowok cenderung mengalihkannya pada beberapa aktivitas fisik, seperti menonton TV dan berperilaku agresif.

Oiya selain itu karena cewek juga kurang dominan, kurang agresif baik secara fisik maupun verbal dalam berinteraksi dengan kelompoknya.

Jadi, yang cewek hati-hati ya, hihihi

Tapi semua juga kembali kepada perbedaan individu masing-masing kok. Kalau kita sudah menemukan koping stress yang baik, kita bisa mengurangi kemungkinan depresi.

Jadi, jangan lupa selalu bersyukur dan bahagia ya~~~

Referensi:
Darmayanti, Nefi. 2008. “Meta-Analisis: Gender dan Depresi pada Remaja”. Jurnal Psikologi UGM. 35 (2): 164-180.

#WeCareWeLoveWeareHIMAPSI

HIMAPSI BERGEMA
“Bergerak Bersama Menebar Manfaat”

—————————
Line: @himapsiuns

IG: @psikologi_uns

Web: himapsi.fk.uns.ac.id
Youtube: PSIKOLOGI UNS

HIMAPSI BERGEMA

HIMAPSI BERGEMA

HIMAPSI BERGEMA memiliki arti Bergerak Bersama Menebar Manfaat

bergema [ber•ge•ma] kata verbia
Ada gemanya; bergaung; berkumandang

Diambil dari arti bergema itu sendiri, suara yang lazim menjadi media kami ibaratkan menjadi kebaikan. Kami berharap dapat menyuarakan kebaikan dari titik satu ke titik lainnya dan semoga dari titik lain tersebut, kebaikan dapat kembali kepada kami.

#WeCareWeLoveWeareHIMAPSI

HIMAPSI BERGEMA
“Bergerak Bersama Menebar Manfaat”

—————————

Line: @himapsiuns

IG: @psikologi_uns

Web: himapsi.fk.uns.ac.id

[KEJORA] Memadukan Paradigma atas dasar Kecintaan terhadap Psikologi melalui LGD

[KEJORA] Memadukan Paradigma atas dasar Kecintaan terhadap Psikologi melalui LGD

Memadukan Paradigma atas dasar Kecintaan terhadap Psikologi melalui LGD

Hallo teman-teman Psikologi! Beberapa waktu lalu Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran UNS mengadakan LGD sebagai salah satu rangkaian dari open recruitment pengurus, masih ingat kan ya? Masih dong yaa ^^. LGD (Leaderless Group Discussion) yang diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 15 Desember 2017 tersebut membahas mengenai minimnya partisipasi aktif masyarakat psikologi dalam beberapa program kerja yang diadakan oleh HIMAPSI. Penasaran dengan hasil diskusi yang dilakukan oleh teman-teman? Simak rilis kami berikut ini!

Seperti yang telah diketahui bersama telah terlaksana beberapa program kerja HIMAPSI seperti ARCHETYPE, MUBES, BINGO,  SARASEHAN, dsb. Program kerja yang dilaksanakan oleh HIMAPSI memiliki tujuan untuk menyalurkan, mewadahi, serta mengembangkan potensi dan kebutuhan masyarakat psikologi.  Dalam keberjalanannya program-program tersebut terlaksana dengan lancar, tetapi beberapa pula memiliki evaluasi berupa minimnya keterlibatan masyarakat psikologi secara aktif. Partisipasi masyarakat psikologi yang seharusnya tinggi, mengingat program-program yang dilaksanakan merupakan sarana internalisasi, kaderisasi, dan pengembangan potensi mahasiswa psikologi, justru dalam kasusnya mengalami kekurangan partisipan. Beberapa hal yang mempengaruhi minimnya keterlibatan masyarakat psikologi, diantaranya yaitu banyaknya program kerja yang ada di HIMAPSI, kurang relevannya proker dengan kebutuhan dan keadaan anggota, serta perbedaan lingkungan psikologi saat ini (sebelumnya psikologi berda di kampus Mesen, kini pindah di kampus Kentingan), atau pun kesibukan yang dimiliki masing-masing anggota.

Menyadari pentingnya keterlibatan mayarakat psikologi dalam progam kerja HIMAPSI yang dalam keberjalanannya ternyata masih minim, maka diperlukan langkah konkret dari pengurus maupun anggota untuk bersama-sama melakukan gerakan dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Berikut ini berbagai gagasan yang dirangkum dalam LGD seleksi pengurus HIMAPSI:

  1. Meningkatkan kesadaran diri untuk berkontribusi aktif

Kurangnya partisipasi mahasiswa psikologi tentu tidak dapat terlepas dari kesadaran diri masing-masing individu untuk berkontribusi aktif. Kesadaran untuk berkontribusi aktif ini dapat ditumbuhkan dengan adanya rasa kepemilikan dan kecintaan terhadap psikologi, di mana hal ini dapat dimulai sejak masa orientasi.

Poin penting lainnya adalah pengurus HIMAPSI sebagai penyedia dan pelaksana program kerja tentunya juga harus menumbuhkan rasa kesadaran diri untuk berkontribusi aktif dalam program kerja yang diadakan oleh HIMAPSI. Hal ini tentu saja sangat berguna agar para mahasiswa Psikologi lainnya yang merupakan anggota juga akan lebih menghargai dan antusias untuk berkontribusi aktif dalam program kerja yang diadakan.

 

  1. Optimalisasi publikasi dan sosialisasi

Publikasi dan sosialisasi terkait program kerja yang akan diselenggarakan merupakan hal penting untuk memperkenalkan kepada mahasiswa psikologi terkait program kerja tersebut. Di era yang serba canggih seperti saat ini publikasi dan sosialisasi dapat dilakukan melalui media sosial. Namun, publikasi dan sosialiasi secara langsung tetap tidak boleh dilupakan. Penggunaan mading sebagai wadah informasi perlu dioptimalkan kembali. Mading ini tidak hanya digunakan sebagai wadah informasi  bagi program kerja terdekat yang akan berlangsung, tetapi juga berisi timeline program kerja HIMAPSI. Hal tersebut diperlukan supaya mahasiswa psikologi dapat menyesuaikan jadwal mereka masing-masing dengan jadwal program kerja yang akan diselenggarakan.

Sosialisasi juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk dilakukan. Sosialisasi secara personal atau mendatangi kelas demi kelas juga perlu dilakukan untuk meningkatkan antusias mahasiswa psikologi dalam mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMAPSI. Selain itu, dapat pula menggunakan cara-cara kekinian, seperti menggunakan twibbon  untuk suatu acara dan mengajak mahasiswa psikologi untuk menggunakannya. Tentu saja sosialisasi ini tidak hanya sekedar sosialisasi biasa seperti penyampaian informasi pada umumnya, namun sosialisasi ini dapat sekaligus merekatkan hubungan antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Hal terpenting lainnya dalam sosialisasi adalah tidak disosialisasikannya secara mendadak. Sosialisasi yang dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama sebelum acara memungkinkan untuk mendapatkan partisipan yang lebih banyak.

 

  1. Melakukan efektivitas program kerja

Banyaknya program kerja yang diselenggarakan oleh HIMAPSI terkadang membuat para mahasiswa kebingungan untuk memilih kegiatan mana yang akan diikuti, karena terkadang pula terdapat beberapa program kerja yang diadakan dalam satu waktu. Dan tak jarang pula program kerja yang diadakan tersebut memiliki tujuan yang sama. Namun, alangkah lebih baik bila program kerja yang memiliki tujuan sama bisa dijadikan satu atau dimerger menjadi sebuah program kerja yang besar dan menarik. Hal tersebut tentu akan menjadikan waktu dan tenaga lebih efektif.

Program kerja yang dimerger tersebut pun akan memberikan manfaat dimana berkurangnya kemungkinan program kerja yang diadakan bertabrakan satu sama lain. Dengan berkurangnya program kerja yang diadakan dalam satu hari yang sama, tentunya akan meningkatkan tingkat partisipasi dari mahasiswa psikologi untuk menghadiri program kerja tersebut. Koordinasi antar pengurus HIMAPSI dalam perencanaan program kerja yang dilakukan dengan matang sangat diperlukan dalam hal ini.

 

Terlaksananya LGD yang dilakukan pada tanggal 15 Desember 2017 lalu memberikan beberapa solusi yang tentunya bermanfaat untuk keberjalanan program kerja HIMAPSI kedepannya dan juga untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antara anggota dan pengurus HIMAPSI. Terimakasih untuk mahasiswa Psikologi UNS yang telah berpartisipasi dalam LGD kali ini. Segala kritik, saran dan gagasan yang telah disampaikan tentunya tidak serta merta hanya menjadi cacatan harian saja, melainkan membawa gagasan tersebut dalam tindakan yang baik dan bermanfaat.

 

 

Salam hangat,

Komite Kajian Strategis dan Advokasi

HIMAPSI FK UNS 2018

 

MAGANG KUY!

Selamat malam, teman-teman angkatan 2017!
Sudah siap menjadi salah satu penggerak dalam Psikologi? 😋
Apakah kalian sudah siap untuk belajar memberikan kontribusi nyata untuk Psikologi kita tercinta? 😶

Don’t worry be happy karena kalian bisa belajar melalui magang HIMAPSI!

Untuk pendaftaran, bisa di cek di form berikut!

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdMuB0e9Sp3VEYmi6wa0KAEk2Dhig02iPpY3Gyco5EdvAMABQ/viewform

Kita tunggu partisipasi kamu dalam magang HIMAPSI 2017! 😊😊

CP: Rara Psi’ 2014 ( line: rararahmahadi )

HIMAPSI SEJATI
” Selaras Berjuang Dalam Satu Hati ”
————————-
Twitter: @psikologiuns
IG: @psikologi_uns
Line: @qos1543q
Web: himapsi.fk.uns.ac.id
Ask.fm: psikologiuns

Press Release GPH 2 HIMAPSI FK UNS 2017

Press Release GPH 2 HIMAPSI FK UNS 2017

Dalam rangka meningkatkan semangat kerja dan solidaritas pengurus HIMAPSI FK UNS 2017, Komite Ketahanan Internal Lembaga mengadakan acara Gathering Pengurus Himapsi (GPH) yang dilaksanakan pada hari sabtu 13 Mei 2017 sebagai upaya pengakraban antar pengurus HIMAPSI di tengah kesibukan masa kerja. Kegiatan GPH ini dilaksanakan di Taman Wisata Kaliurang, Yogyakarta. Acara dilaksanakan mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB. Dalam acara ini ada dua kegiatan utama yaitu games antar pengurus dan Sarasehan.

Sebetulnya kegiatan pengakraban antar pengurus HIMAPSI sudah pernah dilakukan sebelumnya yaitu pada Penataran Pengurus Himapsi, Kumpul kelompok kecil, dan acara makan bersama. Namun sayangnya beberapa pengurus berhalangan hadir. Selain itu kegiatan sebelumnya juga hanya dilakukan di sekitar kampus UNS dan sekitar Surakarta, sehingga dibutuhkan suasana baru yang dapat menjadi penyemangat di sela banyaknya kegiatan.

Kegiatan GPH di Kaliurang ini mengutamakan pelaksanaaan games yang menugaskan pengurus untuk berjalan-jalan mengitari taman wisata alam yang ada. Sebelumnya pengurus telah dikelompokkan secara acak menjadi 6 kelompok. Kemudian semua kelompok diberi waktu untuk menyelesaikan sebuah misi yang telah ditentukan panitia. Kegiatan berlangsung menyenangkan dan penuh kejadian seru. Games diakhiri pada pukul 17.15 lalu dilanjutkan dengan Sarasehan. Sarasehan ini diisi dengan acara tukar kado dari masing masing pengurus, pengumunan pemenang games, serta sharing tentang kegiatan yang telah dilakukan. Setelah maghrib tiba acara ditutup, semua pengurus bersiap untuk pulang.

Dalam pelaksanaan kegiatan GPH ini, Komite ketahanan Internal Lembaga bersinergi dengan komite Komunikasi dan Jaringan, Komite Media dan Informasi, serta Departemen Administrasi dan Keuangan HIMAPSI FK UNS 2017. Panitia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi kerja dan rasa kekeluargaan pengurus HIMAPSI FK UNS 2017. Panitia mengajak seluruh pengurus HIMAPSI FK UNS 2017 untuk selalu ikut serta berpartisipasi pada acara GPH selanjutnya, serta pada setiap acara HIMAPSI dengan penuh tanggung jawab demi mewujudkan visi misi HIMAPSI FK UNS 2017.

Puncak Acara Psychology for Humanity

Puncak Acara Psychology for Humanity

IMG-20150614-WA0003

Akhirnya sampai pada penghujung sesi satu dari Psychology For Humanity (PFH), pada tanggal 14 Juni ,acara puncak dari PFH ini dilaksanakan tidak banyak hal yang berbeda hanya ada beberapa tambahan acara saja selain yang rutin dilakukan yaitu stand bermain anak dan pencerdasan kali ini ada tambhaan pojok yaitu pojok konseling yang di berikan secara gratis dari alumni dan teman – teman mahasiswa yang berada di semester 6 keatas, kemudian dimeriahkan lagi dengan adanya penampilan akustik yang membawakan lagu – lagu anak – anak seperti Ayah, Balon Udara, balonku, naik delman dan juga ada Flash Mob dari teman teman Dance Psikologi yang diikutin oleh seluruh anak psikologi yang hadir saat acara puncak PFH ini, dan respon dari masyarakat sekitat dengan acara inipun positif karena memang tidak banyak yang kembali lebih menjaga anak anak di mas tumbuhnya , semoga bisa selalu memberikan manfaat kepada masyarakat dan membagikan ilmu agar masyarakat lebih mengerti dan paham mengenai peran ilmu psikologi dalam kehidupan

1434896641432  1434896570954

1434896555218

1434896591276

Tiada lelah untuk ibu pertiwi , Abdi tuk Tanah Air !!

Sekolah Binaan – SD Kendalrejo

Sekolah Binaan – SD Kendalrejo

Satu semester sudah dijalani bersama adik – adik dari SD Kendalrejo Mojosongo, dan rangkaian acara kali ini di akhiri dengan di adakan lomba – lomba dari materi materi yang sudah di ajarkan pada adik – adik SD kendalrejo ini, diantaranya lomba menggambar dan mewarnai , lomba menulis cerita, lomba origami dan terakhir adalah lomba Find Words,yang diikutin rata –rata 12 anak per lomba, kali ini mereka tidak berkegiatan di kelas lagin namun melakukan kegiatan di aula bersama sama dari keals 2, 3 dan 4, acara lomba ini dilakuakn pada hari kamis tanggal 11 juni dari pukul 8 sampai pukul 11.

 DSC_0171.JPG

 

Kemudian setelah perlombaan dilaksanakan esok harinya pada hari jumat 12 juni, pukul 8 sampai 11 pagi diadakan kelas inspirasi untuk menambah motivasi adik adik sd Kendal rejo untuk semakin bersemangat dalam belajar untuk menggapai cita –cita, pada kesempatan ini kelas inspirasi di isi oleh teman – teman Dokter lulusan FK UNS , Kepolisian, Surakarta, dan Pemadan Kebakaran Surakarta.

 

DSC_0172.JPG

Setelah kelas inspirasi selesai kelas ini di akhiri dengan pengumuman lomba – lomba yang tela diakukan dan pemberian apresiasi untuk anak – anak yang selama beberapa peretmuan di kelas berperilaku baik atau mengerjakan tugas dengan sungguh sungguh, dan semoga dari kegiatan ini untuk para juara semakin yakin dengan kemampuannya dan yang belum termotivasi untuk menjadi juara, dan untuk anak anak ang berperilaku baik tetap di pertahankan , yang belum bukan berarti tidak namun hanya belum berkesempatan untuk menjadi yang terbaik dari dirinya sendiri semoga anak –anak SD Kendalrejo bisa semakin Termotivasi untuk rajin belajar, berkreativitas dan berperilaku baik, amiin

 Tiada lelah untuk ibu pertiwi, abdi tuk tanah air

Open Recruitment – Closing Hyperdinamic

Open Recruitment – Closing Hyperdinamic

oprecn

GARIS BESAR ACARA CLOSING HYPERDINAMIC

2015

 

Acara closing HYPERDINAMIC 2015 adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh HIMAPSI FK UNS sebagai acara penutup rangkaian HYPERDINAMIC. Acara tersebut diselenggarakan untuk lebih mengenalkan prodi Psikologi FK UNS ke masyarakat luas. Closing HYPERDINAMIC 2015 diselenggarakan sebagai ajang penampilan bakat-bakat mahasiswa Psikologi terutama di bidang seni. Selain itu, acara ini akan dimeriahkan pula oleh pengisi acara dari luar prodi Psikologi FK UNS.

Maka dari itu, kami HIMAPSI FK UNS mengajak seluruh mahasiswa angkatan aktif di Program Studi Psikologi FK UNS untuk turut berpartisipasi menjadi panitia acara closing Hyperdinamic 2015. Ketentuan open recruitment sebagai berikut : (pendaftaran paling lambat selasa 16 Juni 2015)

 

 

JOB DESC DAN JOB SPEC

PANITIA CLOSING HYPERDINAMIC

2015

 

  1. Sie Acara

Job Desc

  • Membuat konsep keseluruhan acara (tema, nama, pengisi acara) closing HYPERDINAMIC 2015.
  • Menyusun rundown acara closing HYPERDINAMIC 2015.
  • Mengatur keberjalanan acara closing HYPERDINAMIC 2015.

Job Spec

  • Memiliki pengalaman kepanitiaan sebagai sie acara.
  • Memiliki wawasan luas tentang acara seni (terutama acara musik).
  • Bersedia meluangkan waktu untuk menyusun garis besar acara sampai terselenggaranya acara closing HYPERDINAMIC 2015.

 

  1. Sie Dekorasi dan Dokumentasi 

Job Desc

  • Membuat desain logo, co card, baju panitia.
  • Membuat pamflet, leaflet, backdop yang mendukung keberjalanan acara.
  • Membuat dekorasi lokasi acara.
  • Melakukan dokumentasi kegiatan-kegiatan baik sebelum maupun saat keberjalanan acara.
  • Membuat video teaser acara closing HYPERDINAMIC 2015.

Job Spec

  • Mampu mendesain dengan menggunakan aplikasi foto editor.
  • Memiliki kemampuan fotografi.
  • Memiliki pengalaman dalam kepanitiaan sebagai sie dekorasi dan dokumentasi.
  • Diutamakan memiliki kamera dan

 

  1. Sie Publikasi

Job Desc

  • Menentukan media publikasi yang diperlukan, termasuk publikasi melalui media sosial.
  • Menyebarkan informasi tentang acara closing HYPERDINAMIC 2015 melalui berbagai media.

Job Spec

  • Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik.
  • Memiliki relasi yang cukup luas.
  • Memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk menyebarkan informasi mengenai acara closing HYPERDINAMIC 2015.

 

  1. Sie Kestari

Job Desc

  • Mencetak tiket, merchandise, baju panitia, pamflet, dan leaflet.
  • Mengatur alur
  • Melakukan penjualan tiket.
  • Berkoordinasi dengan sie publikasi untuk melakukan penjualan tiket.

Job Spec

  • Memiliki komitmen yang tinggi, dan teliti dalam melakukan pekerjaan.

 

 

  1. Sie Perlengkapan

Job Desc

  • Berkoordinasi dengan sie lainnya dalam acara closing HYPERDINAMIC 2015 tentang peralatan yang dibutuhkan.
  • Mempersiapkan alat-alat yang mendukung keberjalanan acara.

Job Spec

  • Mampu berkoordinasi dengan sie lainnya.
  • Memiliki kondisi fisik yang kua dan tahan banting.

 

 

  1. Sie Keamanan

Job Desc

  • Mengamankan keberjalanan acara closing HYPERDINAMIC 2015.
  • Mengkondisikan acara agar tidak terjadi kerusuhan dan keributan dalam acara closing HYPERDINAMIC 2015
  • Menentukan area parkir.

 

Job Spec

  • Memiliki kondisi fisik yang kuat.
  • Memiliki komitmen yang tinggi.

 

  1. Sie Sponsorship dan Dana Usaha

Job Desc

  • Membuat daftar sponsor.
  • Mencari sponsor dan mendapat kesepakatan dengan pihak sponsor.
  • Melakukan usaha pencarian dana baik sebelum acara berlangsung maupuni keberjalanan acara.

Job Spec

  • Memiliki relasi dengan pihak sponsor yang akan dituju.
  • Memiliki kemampuan public speaking yang tinggi.
  • Memiliki kepercaaan diri yang tinggi.
  • Memiliki kreativitas dalam usaha pencarian dana.
  • Tidak mudah putus asa

 

  1. Sie Humas dan Perijinan

Job Desc

  • Mengurus perijinan acara closing HYPERDINAMIC 2015.
  • Mendampingi pengisi acara.
  • Berkoordinasi dengan sie lainnya terkait perijinan dan konsumsi pengisi acara.

Job Spec

  • Mampu melakukan lobbying pada pihak terkait.

 

  1. Sie Konsumsi

Job Desc

  • Menyiapkan konsumsi untuk panitia, pengisi acara, dan pihak-pihak yang terkait dalam acara.
  • Berkoordinasi dengan sie lain terkait dengan pengadaan konsumsi, terutama dengan sie bendahara.

Job Spec

  • Memiliki relasi dan pengetahuan luas tentang pengadaan konsumsi.

 

Untuk Pendaftaran dapat mengunduh formulir pendaftaran di bawah ini :

FORMULIR PENDAFTARAN CLOSING HYPERDINAMIC 2015

Audiensi Psikologi FK UNS

          Berikut ini adalah hasil dari Audiensi Psikologi FK UNS yang di hadiri oleh perwakilan mahasiswa, pengurus program studi, jajaran dosen, dan jajaran staf prodi.

Ruang Serba Guna Psikologi FK UNS. Jumat, 22 Mei 2015.

  1. Pihak pengelola prodi akan selalu mendata segala fasilitas yang membutuhkan penggantian atau perbaikan di setiap semesternya dan kemudian diusulkan ke fakultas. Akan tetapi, pengadaan fasilitas tidak dapat langsung diwujudkan karena harus direncanakan satu tahun sebelumnya, serta mengikuti tata cara negara. Selain itu dana fakultas baru akan turun pada bulan September atau Oktober.
  2. Saran tentang transparansi nilai di siakad akan dikoordinasikan oleh mas Riyan dengan pihak fakultas karena sistem siakad mahasiswa belum disediakan cara untuk melihat nilai per ulangannya.
  3. Setiap mata kuliah memang sudah sejak dahulu ada yang bersangkut paut dengan mata kuliah lain, sehingga mahasiswa dapat melihat beberapa isi yang sama dalam mata kuliah yang berbeda. Kurikulum Psikologi UNS sudah menggunakan kurikulum nasional dari DIKTI.
  4. Dalam perkuliahan, setiap mata kuliah walaupun dipegang oleh dosen yang berbeda, silabus materi akan selalu sama. Akan tetapi, tugas sudah menjadi kewenangan dosen masing-masing. Ada baiknya jika mahasiswa berkoordinasi dengan dosen tentang materi, tugas, dan metode pembelajaran sebelumnya.
  5. Pihak pengelola sudah mengusahakan adanya pertambahan dosen agar setiap mata kuliahnya dapat dipegang oleh dosen yang ahli dalam mata kuliah tersebut. Akan tetapi, karena akhir-akhir ini sedang ada pergantian pengelola universitas, fakultas, dan jurusan, upaya pertambahan dosen agak terhambat.
  6. Hendaknya mahasiswa dalam meminjam ruangan dan fasilitas kampus lainnya harus mengikuti aturan yang berlaku. Selain itu, hendaknya seluruh civitas akademika saling bekerjasama untuk menaati aturan yang ada.
  7. Dalam audiensi diusahakan adanya kerjasama dari seluruh civitas akademika sehingga pada saat keberlangsungan acara, setiap pihak tidak hanya melakukan pembenaran atas alasan masing-masing namun juga bersama-sama mencari solusi untuk menjadikan Psikologi FK UNS lebih baik lagi.
  8. Hendaknya ada program kebersihan kampus yang dikoordinasi oleh HIMAPSI, berbentuk seperti kerja bakti yang dilakukan seluruh civitas akademika Psikologi FK UNS paling tidak satu kali dalam satu semester.