Psikopatologi
Psikopatologi merupakan studi tentang kognisi perilaku dan perpaduan antara pengalaman abnormal, berbeda dari norma sosial dan bertumpu pada sejumlah konstruksi yang dianggap sebagai norma yang tidak lazim. Psikopatologi tersusun atas dua kata: yaitu psiko dan patologi. Psiko sendiri merupakan serapan dari psyche (secara harfiah artinya jiwa atau perilaku), dan patologi merupakan ilmu tentang penyakit, atau penyebab timbulnya penyakit. Yaitu sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan pada makhluk hidup. Dalam pandangan ini, psikopatologi juga diartikan sebagai kajian ilmiah mengenai gangguan jiwa atau perilaku.

Distimia
Distimia merupakan gangguan mood atau suasana hati yang mirip dengan depresi yang ditandai dengan suasana hati rendah yang terus-menerus, distimia merupakan bentuk depresi yang tidak terlalu melemahkan tanpa gangguan dalam fungsi normal. Distimia atau (dysthymic disorder) adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan gejala depresi yang terjadi hampir sepanjang hari. Pada anak-anak, memiliki ciri mudah tersinggung. Daripada depresi, Gejala depresi dari gangguan distimia ini bukan karena kondisi medis, obat, obat ilegal, atau gangguan psikotik. Dalam 2 tahun pertama dari gangguan ini, jika gejala depresi distimia ini semakin kronik, sehingga memenuhi kriteria untuk menjadi episode depresi mayor, maka diagnosis berubah menjadi depresi mayor. Sehingga distimia disebut juga depresi neurotik. Akan tetapi pada dasarnya, bahwa distimia itu merupakan bagian dari depresi.

Pengobatan dilakukan untuk penderita distimia ini sama halnya dengan bentuk depresi lainnya, yaitu dengan cara terapi. Terapi untuk pengobatan distimia sendiri, yang digunakan dalam kedokteran disebut dengan Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRIs) Terapi digunakan metode cognitive-behavioral therapy (CBT) dan interpersonal therapy digunakan secara beriringan dengan pengobatan (medis). Akan tetapi, jenis obat anti depresi (antidepressant) mempunyai efek samping seperti penurunan gairah seksual, insomnia, atau gangguan pada perut.

Ciri-ciri Distimia :
1. Merasa sedih dan kosong
2. Merasa hopeless dan helpless
3. Merasa bersalah dan tidak berguna
4. Gangguan tidur, tidur berlebih ataupun kurang tidur
5. Berat badan dan nafsu makan naik/turun drastis
6. Sulit berkonsentrasi

Sumber
Oyebode, Femi (2015). Gejala Sims dalam Pikiran: Buku Teks Psikopatologi Deskriptif (Edisi kelima). Edinburgh; New York
Ormel J, Laceulle OM, Jeronimus BF (2014). “Mengapa Kepribadian dan Psikopatologi Berkorelasi: Perspektif Perkembangan Adalah Langkah Pertama tetapi Lebih Banyak Dibutuhkan”. Jurnal Kepribadian Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *