KOLABORASI LITERATURE CLUB & PSYCHO DISCUSS

20151102153448

Apa itu bipolar?

Gangguan bipolar menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-Text Revision edisi ke-4 (DSM-IV-TR) adalah gangguan mood yang terdiri dari paling sedikit satu episode manik, hipomanik atau campuran yang biasanya disertai dengan adanya riwayat episode depresi mayor.

Am I Bipolar?

Berbicara tentang bipolar, pada hari Kamis, 29 Oktober 2015, Komite Sains dan Penelitian HIMAPSI Bergerak menyelenggarakan agenda terakhir, yaitu Kolaborasi Literature Club dan Psycho Discuss. Topik yang diusung pun sangat menarik, yaitu “Am I Bipolar?”. Bertempat di Ruang Kuliah VII Kampus Psikologi UNS, selepas ashar, peserta pun mulai mengisi presensi dan memenuhi barisan tempat duduk yang disediakan. Pukul 15.30 acara dimulai dan dibuka oleh Master of Ceremony, Alifah Nur Istiqomah dari angkatan 2013. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Menkom KSP, yaitu Kadek Widya Gunawan.

Pada pertemuan kali ini, KSP menghadirkan pembicara yang merupakan survivor bipolar, yaitu Ibu Fitri Setya Marwati, S.E., M.M., dan Inta Miftakhul Jannah selaku moderator. Moderator memandu jalannya diskusi dengan mengawali penjelasan mengenai apa itu bipolar dan bagaimana episode-episode yang dialami penderita. Setelah itu, Ibu Fitri menjelaskan bagaimana gejala, stressor, terapi dan episode bipolar yang pernah dialaminya. Di sela-sela penjelasan materi, peserta sangat aktif untuk bertanya dan menggali ilmu dari Ibu Fitri. Diskusi berlangsung sekitar 65 menit. Hingga pada pukul 16.45 sesi diskusi pun selesai. Ibu Fitri menyampaikan harapannya bagi para peserta supaya tidak berpandangan negatif terhadap orang dengan bipolar (ODB), selalu memberi dukungan dan memberi ruang selebar-lebarnya supaya ODB juga mampu mengaktualisasikan diri.

Setelah diskusi selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan pada pembicara, moderator, serta dosen pembina LC. Selain itu, ada juga penghargaan untuk peseta paling aktif dan paling rajin, yang jatuh pada Tara Kartika dan Aprilia. Tepat pukul 17.00 acara selesai dan ditutup oleh MC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *