Press Release PPH

PRESS RELEASE PPH

Hari Jumat 19 Februari 2016 pukul 11.00 seluruh pengurus HIMAPSI FK UNS sudah berkumpul di kampus Mesen. Hari Jumat itu pengurus HIMAPSI berkumpul bersama dan berangkat menuju Kodim 0735 Surakarta. Dihari tersebut para pengurus HIMAPSI akan melaksanakan sebuah kegiatan yang dikenal sebagai Penataran Pengurus HIMAPSI, atau jika pada organisasi lain sering disebut sebagai upgrading pengurus. Acara ini didasari dengan fungsi sederhana yaitu untuk merekatkan para pengurus HIMAPSI masa bakti 2016 yang dirancang oleh PHT HIMAPSI 2016. Dengan adanya acara ini diharapkan para pengurus HIMAPSI bisa saling mengerti dan paham tentang masing-masing sifat pengurus, saling terbuka, saling mendukung, dan bisa mendapatkan ilmu-ilmu mengenai organisasi.

Para pengurus diberangkatkan menggunakan truk militer Kodim 0735 Surakarta dalam 2 kali perjalanan (kloter) secara bergantian. Setelah sampai, PPH yang direncanakan mulai pukul 15.00 mengalami sedikit keterlambatan karena rombongan kedua sampai lebih lama dibandingkan dengan rencana awal. Pukul 15.32 acara pertama dimulai, yaitu pembukaan dan langsung dilanjutkan dengan kegiatan outbound bagi seluruh pengurus. Pada kegiatan ini seluruh pengurus terlihat mampu untuk saling berkomunikasi, bekerja sama, bahu-membahu mengatasi masalah dalam outbound tersebut. Kegiatan ini terus berlangsung hingga pukul 18.15 yang ditandai dengan berakhirnya games besar. Walaupun ada sedikit kesalahpahaman antara peserta dan panitia yang menjalankan outbound dan akhirnya ada salah satu kelompok outbound yang terlambat bermain, acara ini cenderung lancar. Setelah outbound dilaksanakan, istirahat, solat maghrib dan Isya, acara dilanjutkan dengan acara makan bersama. Di acara ini seluruh peserta yang sudah diminta membawa makan malam pribadi sendiri-sendiri langsung menyiapkan untuk makan bersama, namun acara makan malam ini diselipkan sedikit games kecil, dimana para peserta dan panitia yang duduk melingkar bersama, harus menggeser makanan yang mereka bawa ke arah kanan sambil bernyanyi, saat lagu yang dinyanyikan selesai, makanan yang berhenti di depan mereka itulah yang akan mereka makan. Acara ini sangat dirasa positif karena masing-masing pengurus harus memakan makanan apa yang didapat tanpa tahu darimana makanan itu berasal dan harus mensyukuri makanan terbaik yang telah disuguhkan oleh teman pengurus lainnya. Setelah acara makan malam bersama selesai, para pengurus diberikan materi pengenalan HIMAPSI FK UNS 2016 yang disampaikan oleh ketua HIMAPSI 2016, M. Fikri Fauzan. Di acara ini diperkenalkan nama kabinet HIMAPSI 2016 yaitu HIMAPSI Sinergi 2016. Setelah pengenalan HIMAPSI diberikan, para pengurus HIMAPSI diberikan sebuah video singkat tentang motivasi yang diharapkan bisa menjadi pelecut semangat para pengurus HIMAPSI FK UNS 2016. Dan setelah itu, para pengurus dipersilahkan untuk tidur.

Hari kedua PPH, Sabtu, 20 Februari 2016 para pengurus sudah dikumpulkan pukul 04.00 untuk solat Subuh berjamaah dan tadarus Al-Quran. Untuk mengembalikan semangat, setelah solat, para pengurus langsung senam bersama, senam poco-poco dipilih untuk mengisi senam hari itu. Setelah itu para pengurus HIMAPSI diberikan waktu untuk mandi, dan sarapan. Setelah selesai, pengurus langsung berkumpul di aula untuk mendapatkan beberapa materi tentang organisasi. Materi pertama adalah materi tentang Sense of Belonging oleh saudara Rendi Septiyanto, sekjen Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI). Lalu dilanjutkan dengan materi kedua tentang Planning yang disampaikan oleh saudara Khalid S. Rabbani, Wakil Presiden BEM UNS tahun 2014. Dilanjutkan dengan adanya ice breaking dan solat Dzuhur berjamaah. Setelah itu, para pengurus diberikan materi 3 dan 4 yaitu Komunikasi Efektif dan Interpersonal, yang disampaikan oleh saudara Abdullah Al-Hazmy, Presiden BEM FK UNS tahun 2013-2014, dan materi Marketing Communication oleh Titis Sekti Wijayanti, Ketua HIMAPSI tahun 2013, yang diselingi dengan solat Ashar berjamaah. Keempat materi ini juga ditambahkan simulasi terhadap materi yang disampaikan, sehingga materi yang disampaikan lebih bermakna bagi pengurus HIMAPSI FK UNS 2016. Setelah sesi materi selama satu hari, para pengurus di hari kedua PPH mencapai puncak acara pada saat Pentas Seni. Pentas Seni ini adalah acara yang dikhususkan untuk persembahan bakat pengurus dengan properti yang diberikan. Para pengurus yang memperlihatkan bakatnya di depan seluruh pengurus HIMAPSI, dan ada salah satu sesi dimana alumni pengurus HIMAPSI memberikan sedikit cerita mengenai sejarah HIMAPSI FK UNS. Dengan selesainya acara Pensi ini, acara dihari kedua PPH telah selesai.

Keesokan harinya Minggu, 21 Februari 2016, pukul 02.30 para pengurus sudah dibangunkan oleh panitia untuk melaksanakan acara renungan malam. Dalam acara ini juga disampaikan motivasi-motivasi bagi para pengurus untuk bisa lebih baik lagi dalam mengemban amanah kepengurusan. Setelah acara renungan malam ini, acara selanjutnya yaitu penyambutan sederhana yang dilakukan oleh PHT/panitia kepada pengurus HIMAPSI masa bakti 2016. Setelah selesai semua rangkaian acara pagi hari itu, seperti biasa dilanjutkan dengan solat Subuh berjamaah dan tadarus Al-Quran. Untuk pengurus yang beragama Kristen dan Katholik dikumpulkan dalam aula untuk berdoa bersama. Setelah solat Subuh dan Tadarus, waktu mandi dan sarapan kembali diberikan dihari ketiga ini. Setelah semuanya rapih dan siap pulang, para peserta dikumpulkan dalam lobby terlebih dahulu untuk diberikan beberapa sesi terakhir sebelum pulang. Sesi pertama yang diberikan adalah sesi ‘Karena Aku Ingin Mengenalmu’ yang dilanjutkan dengan kumpul untuk pengakraban komite. Setelah semuanya selesai, sesi terakhir dari Penataran Pengurus HIMAPSI adalah penutup dari ketua HIMAPSI FK UNS 2016. Setelah acara resmi ditutup, para pengurus dipulangkan dengan mekanisme yang sama seperti saat pemberangkatan hari Jumat lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *