[Psikologika] Kualitas Tidurmu dengan Prestasi Belajar

Aroma UTS memang masih tercium di beberapa perguruan tinggi. Pernah gak sih temen-temennya sampe begadang, pake sistem kebut semalam (SKS)?

Masa Ujian Tengah Semester membuat mahasiswa lebih banyak menghabiskan malam dengan belajar untuk mempersiapkan ujian keesokan harinya. Hal ini justru mengganggu kualitas tidur mereka.

Tahukah kamu? Sering “begadang” justru berpengaruh terhadap prestasi belajarmu.

Hasil penelitian mengungkapkan adanya hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar. Semakin tinggi kualitas tidur, semakin tinggi pula prestasi belajar dan sebaliknya semakin rendah kualitas tidur, semakin rendah pula prestasi belajar.

Kualitas tidur dikatakan baik jika tidak menunjukkan tanda-tanda kekurangan tidur dan tidak mengalami masalah dalam tidur. Kurangnya kebutuhan tidur berdampak pada menurunnya kemampuan untuk berkonsentrasi, inilah yang menyebabkan prestasi belajar seseorang bisa terganggu

Faktor yang mempengaruhi kualitas tidur antara lain penyakit, latihan dan kelelahan, stress, obat, nutrisi, lingkungan, dan motivasi.

Jadi, perbaiki kualitas tidur kalian, jangan biarkan kualitas tidur yang buruk justru menghambat proses kalian memperoleh prestasi. Eits! Tapi jangan malah asyik tidur dan melupakan belajar ya.

Sumber:
Setyowati, dkk. 2015. “Hubungan antara Kualitas Tidur dan Kestabilan Emosi dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Aktif Paduan Suara Voca Erudita UNS”. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa. Vol 4 (1). Hal 68-80.

Nilifda, Hanafi, dkk. 2016. “Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas”. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol 5 (1). Hal 243-249.

HIMAPSI SEJATI
” Selaras Berjuang Dalam Satu Hati ”
————————-
Twitter: @psikologiuns
IG: @psikologi_uns
Line: @qos1543q
Web: himapsi.fk.uns.ac.id
Ask.fm: psikologiuns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *