[PSIKOLOGIKA] Mempertahankan LDR

[PSIKOLOGIKA] Mempertahankan LDR

Pernah ngga sih kalian denger LDR?

 

Long distance relationship itu ketika pasangan terpisahkan jarak yang jauh guys. Jarak itu lalu bisa membatasi komunikasi, karena pasangan jarang bisa bertemu dan melakukan aktivitas bersama.

 

Rasa setia terhadap pasangan menjadi lebih sulit untuk diungkapkan, dimana individu tidak bisa melihat pasangan secara fisik dan tidak tahu keseharian pasangannya. Konflik yang ada bisa terjadi karena keterbatasan komunikasi secara langsung ini. Perasaan cemas, khawatir, curiga, kangen, kesepian dan kecemburuan dirasakan oleh pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh.

 

Kita bisa mempertahankan hubungan kita dengan yang namanya komitmen. Komitmen untuk terus bersama-sama melanjutkan hubungan dengan pasangan.

 

Komitmen yang kuat bisa tumbuh dengan cara peka. Iya..peka terhadap perasaan pasangan kita. Kita harus bersedia mendengarkan dan mau memberikan solusi atas permasalahan yang pasangan kita hadapi. Sempatkanlah waktu untuk menghubungi pasangan kita meski sekedar via media sosial. Dan yang paling penting adalah percaya pada pasangan..tahan curiga, marah-marah nggak jelas, dan sebagainya demi hubungan yang lebih panjang.

 

Sumber: Dharmawijayati,  Ratna Dyah. (2016). Komitmen dalam Berpacaran Jarak Jauh pada Wanita Dewasa Awal.  eJournal Psikologi,  4(2): 237-248

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *