[Psikologika] Mengutil = Gangguan Psikologis

Apa kleptomania itu? Kleptomania adalah sebuah gangguan psikologis yang ditandai dengan kebiasaan mencuri barang-barang remeh dan tidak esensial secara kompulsif dan tidak terkendali. Persebaran penderita kleptomania pada populasi kira kira 6 dari 1000 penduduk, dan gangguan ini lebih banyak terjadi pada penderita gangguan psikologis lain. Pada umumnya, gangguan ini dikaitkan dengan gangguan kecemasan, gangguan suasana hati, dan impulsifitas tinggi.

Penyebab patofisiologis dari kleptomania belum diketahui, sedangkan penyebab neurologis yang pernah dikaitkan dengan gangguan ini antara lain: epilepsi, demensia pada lobus temporal depan, trauma kepala, terjadi luka pada otak, dan efek samping hormon SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor). Adapun penyebab psikologisnya antara lain dikemukakan oleh mazhab psikoanalisis dan behaviorisme. Mazhab psikoanalisis mengaitkan kleptomania dengan kehilangan masa kecil atau penekanan secara seksual, sedangkan behaviorisme memandang gangguan ini sebagai perilaku adiktif.

Penanganan yang telah teruji sejauh ini yaitu naltrexon guna menurunkan gejalanya serta topiramat dalam mengelola perilaku impulsif. Di masa mendatang, terapi behavioral kognitif mungkin akan efektif dalam mengatasi kleptomania.

Talih, Farid R. 2011. Kleptomania and Potential Exacerbating Factors

HIMAPSI SEJATI
” Selaras Berjuang Dalam Satu Hati ”
————————-
Twitter: @psikologiuns
IG: @psikologi_uns
Line: @qos1543q
Web: himapsi.fk.uns.ac.id
Ask.fm: psikologiuns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *