[PSIKOLOGIKA] PROKRASTINASI, APA TUH?!

[PSIKOLOGIKA] PROKRASTINASI, APA TUH?!

“Ah, gue kerjain besok lah.”

“Males, masih lama juga deadline nya.”

Sebagai mahasiswa, pasti pernah dong yang namanya menunda-nunda mengerjakan tugas. Kalimat-kalimat diatas pasti gak asing ditelinga kita.

Jujur aja, iyakan?

Jadi, menunda dalam memulai, melaksanakan, dan mengakhiri suatu aktivitas itu namanya prokrastinasi.

Nah, apa aja sih yang menyebabkan seseorang menunda mengerjakan tugasnya?

Menurut salah satu jurnal, faktor penyebab prokrastinasi itu ada dua, faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal itu ada faktor fisik, kayak lelah, ngantuk, dan capek dan ada faktor psikis. Faktor psikis ini ada 6 nih, yaitu Mahasiswa tidak mengerti tugasnya, Tidak menguasai materi tugas, muncul rasa malas, tidak bisa mengatur waktu, kurangnya minat pada mata kuliah tersebut, dan yang terakhir ada mood atau suasana hati. Selain itu juga ada penilaian subjek terhadap sifat pengajar, seperti pengajar yang killer, baik, dan kurang tegas

Faktor eksternal itu ada 7 nih, ada tingkat kesulitan tugas, tidak adanya fasilitas dalam mengerjakan, kurang referensi karena sumber yang sulit, waktu mengumpulkannya masih lama, saling mengandalkan teman, kesibukkan diluar kuliah, dan penumpukan tugas.

Dan ternyata nih, yang lebih banyak memengaruhi prokrastinasi itu dari faktor eksternal looo

Tapiiiii, bagaimanapun, menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik dan akan berdampak buruk pada diri sendiri.

Jadi, segera kerjakan tugasnya dan beralih ke tugas yang lain yaa~~

Semangat kuliahnya~~

Sumber : Fauziah, Hana Hanifah. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruuhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic (2)2: 123-132.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *