Katanya, menurut Psikologi, kalau aku bermimpi tentang seseorang berarti dia lagi mikirin aku ya? Atau dia kangen? Bener nggak sih kayak gitu?
Menurut kalian, mimpi itu apa sih?
Dalam American Heritage Dictionary (2000), mimpi adalah deretan pemikiran, citra, suara, atau emosi yang dialami pikiran saat tidur .
Pengertian Mimpi Menurut Para Ahli
J. Allan Hobson dan Robert McCarley, dalam teori sintesis aktivasi milik mereka, menyatakan bahwa otak depan yang teraktivasi mensintesa mimpi dari informasi yang dibuatnya secara internal. Sinyal yang ditafsirkan sebagai mimpi berasal dari batang otak saat tidur dengan gerakan mata cepat (Rapid eye Movement/REM).
Jie Zhang, menyatakan bahwa mimpi merupakan hasil dari aktivasi dan sintesis otak pada saat bersamaan, tidur REM dan mimpi dikendalikan oleh mekanisme otak yang berbeda. Inilah yang disebut dengan teori aktivasi berkelanjutan. Mimpi memiliki karakteristik kontinuitas dan perubahan yang mendadak.
Eugen Tarnow (2003), menyatakan bahwa mimpi merupakan perangsang ingatan jangka panjang yang selalu ada dan bahkan saat sadar. Hal ini, sama dengan apa yang dinyatakan oleh Freud, bahwa ketaksadaran digantikan dengan sistem ingatan jangka panjang.
Arthur Schopenhauer mengatakan bahwa, sebuah mimpi adalah psikosis jangka pendek.
Freud (1940) juga menyatakan bahwa mimpi adalah sebuah psikosis. Meskipun dalam keadaan tidur, represi pihak ego tidak terhapus. Sehingga, mimpi adalah cara sebagai pemenuhan untuk mewujudkan keinginan yang direpresi.
Psikoanalisa Mimpi Menurut Sigmund Freud
Mimpi merupakan keinginan tak sadar yang muncul dalam kesadaran. Ketidaksadaran yang dianalisis lewat penafsiran dalam mimpi, bertujuan untuk menginterpretasikan terhadap mimpi sebagai suatu bangunan psikologis yang menunjuk pada aktivitas psikis yang ada dalam alam bawah sadar, yang merupakan sumber syarat maknanya dari dalam alam sadar. Menurut Freud, mimpi didefinisikan sebagai aktivitas psikis seseorang ketika ia berada dalam kondisi tidak sadar atau sedang tidur.
Mimpi merupakan perealisasian suatu keinginan yang terpendam. Ketidaksadaran dalam perilaku dimotivasi oleh dorongan-dorongan psikis yang direpres untuk tidak dimunculkan dalam perilaku namun secara tidak sengaja muncul dengan sendirinya yang dianggap sebagai sebuah kesalahan. Psikoanalisis, mendasarkan pemikirannya pada proses bawah sadar yang membentuk perilaku dan segala penyimpangannya, sebagi akibat dari proses tak sadar. Proses ketidaksadaran sebagai energi psiskis yang mendapatkan represi yang terus-menerus tanpa sublimasi akan memunculkan gejala yang bera-kibat pada neurosa.
“Sehingga, bagi Freud, mimpi adalah suatu pemenuhan (tersembunyi) dari suatu keinginan (yang di-ekan atau diabaikan) atau dengan kata lain, mimpi merupakan sejenis kode. Simbol-simbol yang dimunculkan dalam mimpi merupakan simbol dari ketidaksadaran yang mendapatkan represi.”
Psikoanalisa Mimpi Menurut Carl Gustav Jung
Jung tidak menerima pendapat Freud yang terlalu menekankan aspek material manusia ini. Bagi Jung, kepribadian adalah paduan kompromi dari inner-life dengan dunia luar.
“Dengan demikian bagi Jung mimpi merupakan bukti adanya dimensi innate religious, atau kesadaran beragama yang bersifat bawaan, sebab mimpi-mimpi yang digambarkan oleh menusia purba hingga modern sekarang ini tetap menggambarkan paradigma pskologis tentang hubungan manusia dengan alam spiritual.”
Melalui analisa mimpi dari berbagai praktek psikologinya, ia menyimpulkan bahwa adanya kekuatan-kekuatan terpendam yang bersifat religius yang memanifestasi berupa bentuk-bentuk memuliakan, mensakralkan sesuatu di dalam kehidupan manusia.

Ardani, M. P. (2021). Child unconsciousness in’A Handful of Dates’ by Saleh Tayib and’The Veldt’by Brad Bury. Rainbow: Journal of Literature, Linguistics and Culture Studies, 10(1), 69-76.
Nur, M. (2007). Metafisika Mimpi: Telaah Filsafati terhadap Teori Mimpi CG Jung. Jurnal Filsafat, 14(2).
Mahliatussikah, H. (2016). Analisis Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Quran Melalui Pendekatan Interdisipliner Psikologi Sastra. Arabi: Journal of Arabic Studies, 1(2), 75-89.

Leave a Reply

Your email address will not be published.