[PSIKOLOGIKA] SPOTLIGHT EFFECT

[PSIKOLOGIKA] SPOTLIGHT EFFECT

Pernah gak sih misalnya baju kamu merasa bahwa banyak banget orang yang sedang memperhatikan kamu, apalagi saat baju kamu sedang tidak nyaman atau sedang mengalami hal memalukan?

Fenomena tersebut bernama spotlight effect. The Spotlight effect adalah istilah yang dimaksudkan dengan kecenderungan di mana Anda merasa semua orang sangat memperhatikan penampilan, perilaku dan membuat kamu harus tampil sempurna.

Banyak sekali penelitian mengenai fenomena ini. Salah satunya Penelitian oleh Gilovich, Kruger, dan Medvec. Dalam penelitian tersebut, peneliti menyuruh para peserta memakai baju yang ada gambar wajah orang lalu berjalan ke sebuah ruangan yang isinya murid-murid yang sedang menghadap pintu. Setelah para peserta keluar dari ruangan tersebut, mereka disuruh memberi perkiraan tentang berapa murid yang dapat mengingat gambar di baju nya. Sedangkan para murid ditanya apa mereka dapat mengingat siapa gambar orang di baju tersebut. Ternyata peserta terlalu melebih-lebihkan jumlah murid yang dikira bakal ingat gambar orang tersebut.

Jadi kenapa kita mengira bahwa orang-orang memperhatikan kita?

Gilovich dan kawan-kawan menyimpulkan hal itu terjadi karena kita terlalu fokus pada diri sendiri. Kita terlalu fokus pada diri sendiri dan kita kesulitan dalam menyadari bahwa orang lain tidak terlalu fokus pada kita.

Kesimpulannya adalah tidak perlu terlalu memikirkan pendapat orang lain berlebihan, be yourself!

Sumber : Gilovich, T., Medvec, V., & Savitsky, K. (2000). The spotlight effect in social judgment: An egocentric bias in estimates of the salience of one’s own actions and appearance. Journal of Personality and Social Psychology, 78 (2), 211-222 DOI: 10.1037//0022-3514.78.2.211

#WeCareWeLoveWeareHIMAPSI
#PsikologiUNS

HIMAPSI BERGEMA
“Bergerak Bersama Menebar Manfaat”

—————————
Line: @himapsiuns

IG: @psikologi_uns

Web: himapsi.fk.uns.ac.id
Youtube: PSIKOLOGI UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *